I love to write, whatever, wherever, whenever, and however ♥♡ ☺

Selasa, 07 Mei 2013

Sand Painting

4 Negara Pembuat Lukisan Pasir Terkenal

1. Suku Najavo Amerika Serikat


Suku Najavo adalah suku asli bangsa Amerika dengan populasi terbesar di Amerika. Mereka mendominasi wilayah negara bagian New Mexico, Arizona, dan Utah. Sebelum era 1940-an, seni lukis suku Najavo yang yang digunakan untuk ritual penyembuhan biasanya menggunakan media tanah di dalam sebuah tempayan dan akan dihancurkan saat upacara telah selesai. Namun, setelah era 1940-an, lukisan tersebut dipermanenkan, walaupun dipamerkan secara umum namun lukisan-lukisan tersebut masih menganut adat keagamaan suku tersebut serta mencerminkan gaya hidup suku Najavo.


Proses pembuatannya pasir dilukis di atas kulit hewan dan kain untuk pakaian. Pasir yang digunakan berasal dari batuan alam yang dihancurkan dan berwarna natural seperti putih atau merah bata, mereka juga menambahkan mineral untuk membuat nuansa lain di dalam lukisan.

2. Suku Tibet



Suku Tibet yang mayoritas beragama Budha mempunyai kebiasaan melukis pasir yang bermakna spiritual. Bentuk lukisan yang terkenal di suku tersebut adalah Mandala. Bentuk ini berupa lingkaran sakral dalam ajaran agama Hindu dan Budha. Konon lukisan pasir dari Tibet memiliki pola paling rumit dari pembuat lukisan pasir negara lain.

Proses membuatnya cukup rumit, Mandala (lingkaran kosmogram) disusun sesuai tingkatan lingkaran dalam ajaran budha, pasir tercat berwarna-warna dan digunakan sebagai alat lukis. Proses pembuatan berhari-hari, bahkan para Biksu Budha harus belajar khusus sebelum bisa membuat pola Mandala selama tiga tahun. Namun sayangnya setelah tidak digunakan harus dihancurkan sebagai lambang ketidakkekalan kehidupan dan petuah agar tidak tergantung dengan benda-benda duniawi yang tidak abadi.

3. Belanda



Pembuatan lukisan pasir di Belanda dilakukan di atas lantai sebagai karpet. Pasir dilukis menggunakan sapu sesuai pola, biasanya pola tersebut cukup sederhana. Karpet pasir tersebut biasanya hanya digunakan ketika perhelatan acara khusus atau perayaan sesuai budaya Belanda.

4. Jepang


Pembuatan lukisan pasir di Jepan digunakan untuk ritual keagamaan Budha. Sama seperti di Tibet, pada Biksu membuat lukisan ini namun bukan berpola Mandala. Pasir yang ada di atas nampan dan sudah diwarnai sesuai kebutuhan dicampur dengan kerikil kemudian mulai dilukiskan dengan konsep alam (pegunungan, pertanian, pemandangan alam dan sebagainya).

Dan berikut para Pelukis Pasir yang karyanya sangat Awesome :)

1.Ferenc Cako


Dilahirkan di Budapest, Hungary pada 1950, Cako merupakan seorang pereka, pengarah dan pakar animasi 3 dimensi. Animasi arca dan seni pasir pertama Cako dihasilkan pada 1998 menerusi filem berjudul Ab Ovo yang memenangi anugerah Gold Palm di Festival Filem Cannes. Cako merupakan pencetus kepada animasi pasir secara langsung pada 1996.

2.Su Dabao

Membuat kemunculan pertama sebagai pelukis pasir pada 2004. Merupakan pelukis pasir pertama di Asia dan terkenal dengan karya yang mengangkat seni pasir Cina. Hasil kerja Dabao juga condong kepada budaya orang Timur dan elemen fesyen.

3.Kseniya Simonova

Terkenal sebagai pelukis pasir yang sering menghasilkan karya jujur dan diselaputi emosi. Simonova merupakan juara program Ukraine Got Talent pada 2009. Wanita berusia 26 tahun ini juga satu-satunya pelukis pasir di dunia yang pernah melakukan persembahan dengan menutup mata tentang kisah Time of Changes selama 10 minit.

4.Y Lan

Y Lan yang memiliki nama asli Tran Thi Hoang Lan adalah seorang seniman terkenal asal Vietnam yang menciptakan "keajaiban" dengan menggunakan pasir aneka warna. Karyanya ini dikenal di seluruh Asia, bahkan di Eropa dan Amerika Utara.

Y Lan yang tidak memiliki pelatihan seni secara formal mendapatkan inspirasi untuk membuat lukisan dari susunan pasir warna-warni ini murni dari ketidaksengajaan. Pada tahun 2001, ketika mengunjungi kampung halaman suaminya di kota Phan Thiet, Y Lan melihat pasir yang membentang di pinggir pantai dan terpesona oleh kecantikannya. Ia pun mengambil 3 jenis pasir dengan warna berbeda dan menuangkannya ke dalam vas bunga transparan.

5. Vina Candrawati


Nah, kalo yang satu ini asli Indonesia :) Nama Vina Candrawati memang makin dikenal oleh publik setelah dirinya mengikuti ajang pencarian bakat IMB yang digelar di Trans TV. Aksi Vina Candrawati sebagai pelukis pasir memang patut mendapatkan apresiasi positif mengingat Vina Candrawati belajar jadi pelukis pasir dari suaminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar